Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Lapangan minyak dan gas bumi di Indonesia yang sebagian besar adalah lapangan mature memerlukan pengelolaan dan pengoperasian yang lebih komplek dibandingkan lapangan yang baru diketemukan. Disamping itu, lapangan-lapangan migas baru biasanya terletak di daerah terpencil ataupun laut dalam, sehingga memerlukan juga penanganan dan pengelolaan yang tidak mudah. Demikian juga untuk pengembangan lapangan gas diperlukan kepastian kontrak jual-beli gas sehingga memerlukan pemikiran makro ekonomi yang sangat dipengaruhi oleh perekonomian global.
Untuk itu diperlukan tenaga ahli / profesional / manajer yang mempunyai kemampuan merencanakan dan menerapkan teknologi peningkatan perolehan minyak dan gas serta mempunyai pengetahuan mengenai lingkungan makro yang “up to date” untuk melaksanakan pengelolaan lapangan.

Selain pelatihan in house yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat bekerja, ternyata masih diperlukan pemahaman dan pengetahuan lanjut berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga ahli / profesional / manajer tersebut maka Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi USAKTI mendirikan Program Studi Magister Teknik Perminyakan.
Pertama kali didirikan Program Studi Magister Teknik Perminyakan berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Trisakti. Kemudian Program Studi Magister Teknik Perminyakan berada di bawah Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi. Kepercayaan pemerintah melalui BAN-PT dikeluarkan melalui Sertifikat Akreditasi dengan peringkat Akreditasi B pada tanggal 29 Desember 2015  dengan nomor 1263/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2015. Sebagaimana tercantum jelas pada lembaran sertifikat tersebut, masa berlaku peringkat akreditasi tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan.