Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 09 Juni 2020
Oleh: Admin

Kuliah Tamu Prodi Magister Teknik Perminyakan "Drilling and Completion Design in Tengiz Oil Field, Kazakhstan – as a Lesson Learn"

Prodi Magister Teknik Perminyakan mengadakan kuliah tamu pada hari Sabtu 9 Mei 2020.

Kuliah tamu bertajuk "Drilling and Completion Design in Tengiz Oil Field, Kazakhstan – as a Lesson Learn dilakukan secara daring menggunakan media Zoom dari Kazakhstan. Instruktur pemberi kuliah tamu adalah Assoc. Prof. Ir. Sonny Irawan, M.T., Ph.D, dosen pada Nazarbayev University, Astana, Kazakhstan. Pada kuliah tamu yang dimoderatori oleh Kaprodi Magister Teknik Perminyakan Ir. Muhammad Taufiq Fathaddin, M.T., Ph.D dihadiri oleh lebih dari 30 mahasiswa S1 dan S2 Teknik Perminyakan. Dalam kuliah tersebut diceritakan mengenai industri perminyakan di Kazakhstan, sifat batuan di Lapangan Tengiz, serta teknik pemboran menggunakan teknik Nitrogen Cap Drilling saat melewati zona loss.

Kuliah tamu ini menambah wawasan bagi peserta mengenai teknik-teknik pemboran yang diterapkan pada reservoir salt dome dan reservoir rekahan yang menyebabkan terjadinya lost circulation. Semoga ilmu yang diperoleh dari kuliah tamu ini menjadi bekal pengetahuan bagi mahasiswa di industri perminyakan.