Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan yang diacu oleh seluruh  Jurusan/Program Studi  di lingkup Universitas Trisakti adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yang dapat didefinisikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan satuan kredit semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, pengalaman belajar mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program.

Semester merupakan penggal waktu yang berkelanjutan dimana mahasiswa belajar dengan  sejumlah beban sks yang telah direncanakan pada awal semester. Dalam setiap semester  diatur jadwal pelaksanaan kegiatan akademik selama 14 s/d 16 minggu. Selain pelaksanaan perkuliahan maupun praktikum, dalam masa ini dilakukan kegiatan pendukung akademik lainnya termasuk penilaian atau evaluasi hasil belajar.

Adapun capaian pembelajaran di Program Studi Magister Teknik Perminyakan adalah sebagai berikut:

Capaian Pembelajaran

 

A. Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini bidang Reservoir Migas, Panasbumi, Enhanced Oil Recovery dan Improved Oil Recovery yang diperlukan untuk analisis dan perancangan pengelolaan lapangan.
  2. Menguasai teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini bidang produksi dan pengolahan lapangan migas, panasbumi, dan nonkonvensional energi yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, dan produk.
  3. Menguasai teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini bidang Pemboran Reservoir Migas, Panasbumi, Enhanced Oil Recovery dan Improved Oil Recovery yang diperlukan untuk analisis dan perancangan pengembangan lapangan.
  4. Menguasai teori, metode dan pengetahuan terkini bidang keekonomian dan linkungan yang diperlukan untuk pengambilan keputusan dengan memperhatikan keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan hidup.

B. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

  1. Mampu menyajikan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah berdasarkan etika akademik dan mengkomunikasikannya melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat umum atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi Perminyakan, Panas Bumi, Energi Non Konvensional atau Energi Terbarukan.
  2. Mampu memimpin, mengelola, dan mengambil keputusan dalam suatu tim kerja atau tim riset untuk memecahkan masalah pada bidang Perminyakan Panas Bumi, Energi Non Konvensional atau Energi Terbarukan.
  3. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega dan sejawat di dalam institusi dan komunitas riset nasional atau internasional.
  4. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri, bertanggung jawab pada pekerjaannya dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja.

C. Capaian Pembelajaran Khusus

  1. Mampu mengelola dan melaksanakan riset di bidang Perminyakan dan Energi Terbarukan berdasarkan kaidah keilmuan yang hasilnya disusun dalam bentuk tesis dan publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang riset Perminyakan dan Energi Terbarukan dan memposisikan ke dalam suatu peta jalan riset serta mampu berkontribusi dalam riset yang bersifat multidisiplin.
  3. Mampu mengelola (mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, dan mengamankan) data riset untuk keperluan otentikasi, orijinalitas, dan studi pengulangan (reproducibility).
  4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan terapan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset secara mandiri.
  5. Mampu memformulasikan ide-ide baru dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan teknologi.
  6. Mampu mengadaptasi perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan hukum yang terjadi terhadap proses pelaksanaan dan substansi riset yang dihadapi.

D. Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara, dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Floatin Button